Tradisi Memancing Dengan Api Di Taiwan

Tradisi Memancing Dengan Api Di Taiwan

Setiap tahun dari Mei hingga Juli, para nelayan di distrik utara Jinshan Kota New Taipei turun ke perairan pada malam hari untuk melakukan tradisi kuno dalam memancing ikan yaitu seni memancing api.

Taiwan adalah rumah dari banyak adat dan tradisi lokal yang menarik seperti Festival Lampion Langit Pingxi tetapi tidak akan pernah yang pernah berimajinasi untuk memancing api.

Selama tiga bulan dalam setahun, nelayan yang berada di lokasi tersebut akan menghabiskan waktu kurang lebih enam jam setiap hari di atas hari. Dengan menggunakan campuran bahan kimia untuk menciptakan api di ujung batang bambu sehingga dapat menarik ribuan ikan sarden.

Awalnya daerah ini memiliki 300 kapal penangkap ikan dengan api tetapi sekarang jumlah armada tersebut telah turun hingga hanya tersisa 3 kapal dengan kurang dari 30 nelayan yang mengambil bagian pada tradisi kuno ini.

Tradisi Memancing Dengan Api Di Taiwan
Tradisi Memancing Dengan Api Di Taiwan

Akan tetapi mengingat bahwa setiap kapal memiliki sepuluh nelayan dan jangka waktu yang hanya 90 hari membuat banyak anak muda lokal yang tidak tertarik untuk melestarikan tradisi unik ini.

Usia rata-rata para nelayan yang memancing dengan api ini adalah 60 tahun dan ini digabungkan dengan fakta bahwa kapal serta peralatan kapal yang mereka miliki telah cukup tua.

Untuk mengatasi masalah kurangnya nelayan yang tertarik dengan tradisi kuno ini, pemerintah setempat memberikan subsidi untuk mendorong para nelayan untuk dapat meneruskan tradisi kuno ini dan mewariskannya kepada generasi nelayan berikutnya.

Berkat diselenggarakan Jinshan Sulphuric Fire Fishing Festival yang dimulai pada 2013 membuat acara ini kembali mendapat perhatian luas dalam beberapa tahun terakhir.

Penyelenggara festival mengatur perjalanan fotografi pada malam hari untuk dapat mendorong minat untuk tradisi lokal sekaligus mendapatkan dana untuk memastikan praktik tersebut tetap dapat diselenggarakan dan menjaga tradisi ini tetap hidup untuk generasi yang akan datang.