Tips Mencari Posisi Untuk Memancing Ikan Di Sungai Atau Di Rawa

Tips Mencari Posisi Untuk Memancing Ikan Di Sungai Atau Di Rawa

Pada umumnya para pemancing yang berpengalaman telah memiliki insting yang baik untuk menentukan kedudukan atau posisi yang akan mereka tempati ketika memancing. Tempat yang mereka pilih tentunya menurut mereka akan menjadi tempat dimana banyak ikan akan berkumpul.

“Menentukan lokasi memancing itu tidak sama antara sungai besar, rawa ataupun danau,” kata Aboel seorang pemancing asal Kalimatan Selatan yang menyukai memancing di alam terbuka ini.

Menurutnya, persamaan tempat tersebut adalah sering ataunya udap ikan atau percikan ikan pada permukaan air.

“Untuk memancing ikan di sungai besar biasanay cari posisi terdalam dari sungai tersebut atau lu uk yang berarti aliran airnya tidak begitu deras dan banyak batang pohon di permukaan dan didalam air atau Raba,” ungkapnya.

Tips Mencari Posisi Untuk Memancing Ikan Di Sungai Atau Di Rawa
Tips Mencari Posisi Untuk Memancing Ikan Di Sungai Atau Di Rawa

Raba menurut Aboel banyak disukai oleh ikan sebagai tempat untuk berkumpul atau bersembunyi akan tetapi terdapat resiko memancing di wilayah raba karena akan membuat kail pancing sering tersangkut dengan batang potong.

“Kalau lu uk dengan banyak batang pohon didalamnya itu pasti akan menjadi rebutan dari pemancing karena selain ikan pasti berkumpul disana juga karena kail pancing yang jarang tersangkut dengan batang pohon,” ungkap pria berusia 35 tahun tersebut.

Lokasi favorit di sungai besar yang disukai oleh pemancing lainnya adalah bagian sungai yang aliran airnya itu seperti berputar atau ulakan. Biasanya bagian ini akan berada di lengkung badan sungai.

Untuk dirawa, Aboel mengungkapkan bahwa sebagian pemancing menyukai lokasi yang permukaan airnya terdapat tumbuhan daripada yang tidak ada sama sekali.

“Celah tumbuhan air seperti enceng gondok, kangkung dan tumbuhan air lainnya yang dapat dilabui umpan adalah yang sering dicari,” tambahnya.

Kalau bagian permukaan air yang hampir tertutupi semua akan tetapi terdapat percikan ikan pada permukaan yang cukup banyak maka biasanay pemancing akan membuat celah terlebih dahulu.

“Istilah kami itu membuat pilawa, baik itu menggunakan ujung pancing untuk menyisihakn tumbuhan apabila memungkinan atau juga bisa menggunakan bilah bambu pada ujungnya dipasang arit kecil,” jelasnya.

Pilawa bisa dibuat beberapa titik dengan jarak yang cukup akan tetapi biasanya tidak langsung dipancingi dan biarkan beberapa saat. Bila dirasa sudah cukup tenang barulah dijadikan lokasi untuk memancing.

Pemilihan lokasi pancing di rawa ini juga tergantung pada sikon dari rawa itu sendiri. Kalau sudah surut biasanya ikan akan banyak berkumpul di bagian paling dalam dari rawa.