Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan Memancing

Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan Memancing

Memancing merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan karena dapat dilakukan oleh siapapun tanpa melihat batasan usia, jenis kelamin, status bahkan ras.

Walaupun demikian, pemancing tentunya harus menyiapkan segala sesuatu dengan baik mulai dari peralatan, pelengkapan hingga masalah teknis seperti jenis kail dan kekuatan serta ketahanan dari jor pancing.

Jika anda berniat untuk melakukan perjalanan untuk memancing, persiapan merupakan hal yang harus dilakukan supaya perjalanan memancing anda tidak rusak dengan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat dihindari jika dilakukan persiapan.

Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan Memancing
Persiapan Sebelum Memulai Perjalanan Memancing

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus anda perhatikan sebelum memulai perjalanan memancing anda.

  1. Cuaca

    Tentunya kita tahu bahwa memancing adalah aktivitas outdoor sehingga sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda memperhatikan ramalan cuaca sebelum memutuskan untuk berangkat ke lokasi mancing yang anda tuju.

    Dengan mengetahui keadaan cuaca, ada tentunya dapat mempersiapkan apa yang perlu anda bawa sekaligus seberapa besar resiko yang ditimbulkan dari cuaca ditempat yang anda tuju.

  2. Istirahat

    Sebelum memulai perjalanan memancing, alangkah baiknya anda istirahat yang cukup untuk memastikan tubuh anda tetap fit ketika perjalanan ini.

    Anda juga harus menghindari konsumsi kafein, obat-obatan ataupun minuman asam jika lokasi memancing yang anda tuju itu harus menggunakan kapal.

  3. Tata Letak Peralatan

    Ketika mempersiapkan barang bawaan untuk perjalanan memancing anda pastikan bahwa semua peralatan dan perlengkapan sudah diletakan dengan benar dan tepat supaya dapat memaksimalkan kapasitas dan setiap ruang dari tas yang anda bawa.

    Anda juga harus memastikan bahwa anda membawa barang-barang yang benar-benar penting seperti obat-obatan, sampo, sabun dan sikat gigi. Jika anda takut melupakan barang-barang tersebut, anda dapat membuat daftar peralatan tersebut dan mencoret satu persatu jika anda sudah memasukannya kedalam tas bawaan anda.

  4. Tabir Surya

    Sebagian besar lokasi memancing adalah di tengah laut dan juga dilakukan pagi hingga siang hari yang dimana merupakan keadaan matahari tengah teriknya.

    Sengatan panas matahari dalam waktu yang panjang tentunya dapat membuat kulit anda merasa terbakar oleh karena itu salah satu pencegahan adalah menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari.