Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan

Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan

Kegiatan memancing adalah sebuah kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang untuk melepas stres karena rutinitas serta pekerjaan yang dilakukan tiap hari. Walaupun terkesan membosankan karena hanya menunggu sambil duduk dipinggir kolam atau sungai akan tetapi kegiatan ini sesungguhnya memiliki keseruannya sendiri.

Bagi anda yang hobi memancing, laut adalah tempat yang paling menarik untuk kegiatan melempar kail ini. Adrenalin anda akan terpacu ketika kail anda berhasil menemui targetnya. Bagi para angler atap pemancing yang menggunakan joran, senal, reel dan umpan tentunya sensasi kebahagian dan menjadi momen yang tidak dapat dilupakan apabila berhasil mendapatkan tangkapan ikan yang banyak sekaligus paling besar.

Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan
Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan

Akan tetapi, apakah anda tahu waktu terbaik untuk memancing? Untuk para angler, hal ini sangat penting karena dengan memancing pada waktu yang tepat, peluang anda untuk mendapatkan tangkapan terbaik semakin besar.

Memancing tidaklah hanya ditentukan oleh faktor keberuntungan akan tetapi juga diharuskan perhitungan serta teknik memancing yang baik. Salah satunya adalah perhitungan mengenai waktu untuk memancing ikan di laut, pinggir laut ataupun di tengah samudera lepas.

Waktu ini akan berhubungan erat dengan saat ikan beraktivitas serta mencari sumber makanan mereka. Ketika ikan sedang rakus memburu makanan, itulah momen paling tepat untuk mendapatkan tangkapan paling besar.

Terdapat beberapa faktor yang dapat dijadikan pegangan untuk menentukan waktu memancing yang ideal. Berikut ini adalah faktor-faktor tersebut

Matahari dan Bulan

Ini merupakan salah satu hal yang sering dianggap mitos akan tetapi perlu diketahui bahwa ikan juga menyesuaikan diri terhadap kondisi matahari dan bulan. Beruntungnya pada zaman serba canggih ini, anda sudah dapat memantau pergerakan matahari dan bulan dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan alat bantu ditambah dengan mengecek situs mengenai astronomi terutama yang fokus pada bidang solunar. Pengaruh matahari dan bulan ini dapat dijabarkan dalam 3 aspek yang terdiri dari Periode Mayor dan Minor, Matahari yang terbit atau terbenam dan fase bulan.

  • Periode Mayor Minor

    Periode mayor adalah periode dimana bulan beradad tepat diatas kepala. Periode ini biasanya terjadi dalam jangka waktu 2 jam terhitung semenjak bulan berada di atas kepala. Periode minor adalah posisi ketika bulan berada di kaki dan berlangsung sekitar 1 jam yang dimulai ketika bulan terbit maupun terbenam.

  • Matahari Terbit dan Terbenam

    Matahari merupakan salah hal yang mempengaruhi aktivitas semua makhluk hidup di bumi. Makhluk hidup yang disebut makhluk siang akan mulai beraktivitas ketika matahari terbit sedangkan makhluk malam akan beraktivitas ketika matahari terbenam. Hal ini juga berlaku untuk ikan. Banyak pakar menyimpulkan bahwa waktu terbaik untuk memancing ikan adalah sekitar 45 ketika sunrise atau sunset.

    Jika sunrise dan sunset terjadi bersamaan dengan periode mayor dan minor sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah momen yang sangat tepat untuk memancing ikan.

  • Fase Bulan

    Fase bulan ternyata juga mempengaruhi tingkat agresifitas dari ikan dalam mencari makanan. Bulan purnama dan bulan baru adalah waktu ketika ikan akan bertingkah lau lebih rakus dengan melahap lebih banyak makanan yang mereka jumpai sehingga ini juga dapat menjadi kesempatan untuk memancing ikan di tengah laut.

Situasi dan Kondisi

Kondisi alam juga akan menentukan apakah ikan-ikan tersebut akan keluar untuk mencari makanan. Oleh karena itu anda harus mengupdate kondisi cuaca di lingkungan sekitar tempat anda memancing selain untuk memperbesar peluang mendapatkan tangkapan ikan yang maksimal juga menghindari kemungkinan terburuk jika anda berlayar ke lokasi yang kondis cuacanya akan memburuk.

Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan
Inilah Waktu Paling Tepat Untuk Memancing Ikan

Ikan secara normal akan keluar bergerombol untuk mencari makan pada saat situasi laut tenang, suhu normal, tekanan angin yang cenderung tinggi serta tekanan udara yang rendah. Sebaliknya, ikan tersebut akan lebih memilih untuk tetap tinggal didasar laut jika kondisi sekitar laut tersebut berpotensi terjadi badai ataupun angin topan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait kondisi lokasi pemancingan anda.

  • Pasang Surut

    Waktu pasang dan surut dipengaruhi oleh posisi matahari dan juga bulan. Semakin besar selisih antara pasang tinggi dengan pasang rendah maka akan menghasilkan arus laut yang semakin kuat. Ikan pada umumnya akan terpengaruh oleh kecepatan arus laut ini. Pengaruh yang diberikan akan semakin besar jika laut tersebut tidaklah terlalu dalam.

  • Tekanan Udara

    Tekanan udara sering menjadi penanda terjadinya perubahan cuaca. Ikan umumnya akan aktif berenang untuk mencari makanan ketika tekanan udara disekitar laut tersebut normal. Ketika tekanan udara semakin turun dan cuaca mendekati mendung, ikan akan semakin aktif untuk mencari makanan. Akan tetapi sebagiah ahli menganggap bahwa tekanan udara ini hanya akan mempengaruhi ikan di sungai dan di laut dangkal.

  • Temperartur Air

    Ikan merupakan salah satu makhluk hidup yang berdarah dingin. Hal ini membuat sebagian besar ikan akan menghindari laut yang tengah memiliki suhu yang rendah untuk mencegah terjadinya penurunan kadar oksigen ketika suhu air berubah menjadi dingin. Untungnya di Indonesia, temperatur air laut tidaklah pernah naik secara signifikan ataupun turun secara signifikan sehingga ikan lebih leluasa untuk mencari makanan di perairan Indonesia.

  • Kecepatan Angin

    Angin yang berhemput dengan cepat sering menjadi penganggu bagi para angler untuk memancing akan tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk ikan. Sebagian besar ikan akan meningkatkan aktivitas mereka ketika kecepatan angin yang tinggi karena ketika kecepatan angin yang tinggi, organisme-organisme yang menjadi bahan makanan ikan tersebut akan terbawa oleh angin tersebut dan berkumpul di satu titik. Di titik pertemuan ini anda akan mendapatkan ikan yang tidak ada habisnya untuk dipancing.