Ikan Pari Raksasa Dicincang Bikin Geger Sumsel, Ternyata Tak Dilindungi

Penemuan 2 ekor ikan pari raksasa di sungai ogan,lubuk batang,ogan komering ilir di Sumatera Selatan membuat heboh warga. Ikan itu disebut bukan ikan pari dilindungi.
Ikan pari raksasa air tawar itu ditemukan warga di Sungai Ogan setelah tersangkut jaring, Selasa sore. Terlihat ikan pari langsung dibawa ke tepi sungai dan menjadi tontonan warga.kan yang sudah sulit didapatkan warga dibopong dari perahu ke daratan. Warga yang sudah lama menunggu langsung mengabadikan foto ikan pari berwarna cokelat gelap dan putih tersebut.Tidak lama kemudian,ikan pari air tawar dicincang warga setempat untuk dibagi-bagi atau dijual. Ikan pari sendiri disebut sudah lama tidak terlihat dan ditemukan nelayan saat mencari ikan.
“Ikan Pari Raksasa ditemukan warga Lubuk Batang Lama sore tadi Selasa, di saat warga hendak mencari ikan di Sungai Ogan,” tulis akun Instagram @baturajaupdate seperti dilihat Kabarberita.Ada yang menyebut ikan pari air tawar merupakan ikan dilindungi. Sebab ikan itu sudah jarang ditemukan nelayan di Sungai Ogan beberapa tahun terakhir.
Secara terpisah, Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengedalian Mutu Palembang, Sugeng memastikan ikan pari itu bukan jenis ikan pari dilindungi.
“Yang dilindungi Pari Manta, Pari sungai tidak termasuk. Beda spesiesnya,” tegas Sugeng.Pasalnya, kejadian serupa pernah terjadi pada seorang pemburu terkenal bernama Steve Irwin. Ia menjadi sasaran seekor ikan pari dan menyebabkan kematian setelah tersengat racunnya.Beruntungnya, Menteri Lukman Hakim bisa segera pulih setelah mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat. Ya, karena jika tidak segera ditangani, racun dari sengatan ikan pari itu bisa menyebabkan sesak nafas, bengkak, gatal, mual hingga kematian.Melansir berbagai sumber, umumnya jika yang tersengat ikan pari adalah bagian kaki, itu bisa disembuhkan. Saat tersengat ikan pari, pertolongan pertama yang bisadilakukan adalah dengan mengoleskan air liur di area luka, atau merendamnya dengan air panas untuk membantu mengeluarkan racun.Namun, jika yang terkena sengatan ekor ikan pari adalah bagian tubuh lain seperti dada atau perut, kamu harus segera membawanya ke rumah sakit, karena racun itu sangat berbahaya kalau sampai masuk ke rongga dada, perut juga hati karea bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian.Maka itu, meski ikan pari dikenal sebagai hewan jinak, kamu harus lebih berhati-hati ya dan jangan sampai menginjaknya, karena jika ia terganggu dan terinjak ia akan menyerang siapapun yang berada di sekelilingnya.