Hiu Putih Besar Ini Nonggol Ketika Keluarga Ini Sedang Memancing

Hiu Putih Besar Ini Nonggol Ketika Keluarga Ini Sedang Memancing

Sebuah keluarga yang tengah memancing di lepas pantai Cape Cod Bay, Amerika Serikat tidak menyangka bahwa mereka akan mendapatkan ikan hiu. Ikan predator puncak di laut yaitu hiu putih besar atau Great White Shark menyambar ikan hasil tangkapan setelah ditarik dengan susah payah oleh keluarga tersebut.

Hal yang tergolong sangat langka ini berhasil diabadikan dalam sebuah video yang langsung menjadi viral di media sosial.

Hiu putih merupakan hewan predator yang paling ditakuti oleh semua makhluk laut. Predator alami dari ikan dengan nama ilmiah Carcharodon Carcharias ini adalah paus pembunuh atau dikenal dengan nama Orca yang juga sangat jarang ditemui di laut.

Hiu Putih Besar Ini Nonggol Ketika Keluarga Ini Sedang Memancing
Hiu Putih Besar Ini Nonggol Ketika Keluarga Ini Sedang Memancing

Sebagian besar peneliti sepakat bahwa hiu putih besar ini merupakan predator puncak disebagian besar laut dan samudra mengingat populasi dan habitat dari paus pembunuh yang sangat terbatas.

Doug Nelson adalah orang yang berhasil merekam penampakan yang sempat viarl tersebut mengatakan bahwa mereka awalnya ketakutan ketika melihat hiu tersebut tiba-tiba muncul.

Putra Doug, Jack langsung melompat mundur ketika melihat ikan hiu tersebut menyambar ikan hasil tangkapan mereka di depan matanya.

“Hewan tersebut memberikan rasa ketakutan yang cukup besar,” kata Nelson.

Jumlah hiu putih besar yang muncul di Cape Cod Bay pada bulan Juni lalu dilaporkan meningkat. Peneliti mencatat bahwa terdapat 12 kali hiu putih besar muncul di dekat pantai tersebut walaupun tidak diketahui apakah itu hiu yang sama atau berbeda.

Pantai Cape Cod sendiri sempat ditutup aktivitasnya dikarenakan kemunculan ikan hiu tersebut.

Pada September 2018, seorang pria meninggal karena serangan hiu di pantai Cape Cod yang merupakan serangan fatal pertama di pantai tersebut dalam lebih dari 80 tahun.

Menurut catatan dari Florida Museum of Natural History, hiu sangat jarang menyerang manusia dan jumlah serangan yang berujung kematian tersebut jumlah lebih sedikit lagi.

Peneliti sendiri memperkirakan meningkatnya jumlah ikan hiu putih besar di laut karena semakin berkembangnya jumlah anjing laut di daerah sekitar Cape Cod. Anjing laut sendiri merupakan mangsa favorit dari ikan hiu putih besar.

Walaupun jumlah meningkat, hiu putih besar saat ini masih dikategorikan sebagai hewan laut yang dilindungi menurut hukum internasional.